Sabtu, 20 Juni 2015

Beard Balm vs Beard Oil, Apa Perbedaan Dan Persamaannya ?



Beard Balm Atau Beard Oil


Beard balm & Beard oil , (pict, source : google)

Om swastiaswtu, salam damai bagi kita semua,

Kali ini saya akan menulis artikel tentang beard balm vs beard oil?

Ini adalah pertanyaan yang sering di bahas di kalayak umum.beberapa orang bilang keduanya sama saja. Tetapi kenyataannya tidak demikian,meskipun memiliki kesamaan yakni melembabkan. 
Beard balm adalah ibarat sebuah pomade yang diaplikasikan ke janggut,dan di proses lagi dengan dipanaskan ulang lalu dicampur dengan pelembab kosmetik (moisturizer) dan di kemas dengan wadah tutup rapat, seperti kaleng almunium dll.
Beard oil adalah seperti pelembab dan kondisioner rambut yang terbuat dari bahan dasar
carrier oil  yang di dicampur dengan essential oil dan ditambahkan pewangi untuk memberikan kesan aroma yang sedap, namun bisa saja tanpa fragrance (pewangi) karena essential oil sendiri sudah mempunyai wangi yang khas.
Dalam postingan ini saya akan menjelaskan perbedaan antara beard balm dan beard oil . yang biasa pembaca pakai sehari hari, saya mulai dengan beard balm.


  • BEARD BALM
Beard balm adalah layaknya sebuah pomade brewok, dengan tambahan konditioner.  Beard balm gunanya untuk merapihkan brewok dan sekaligus melembabkan,dan membuat janggut atau brewok terlihat lebih tebal dan teratur. Untuk hasil terbaik, alangkah baiknya menghindarin beard balm yang memakai bahan dasar petroleum jelly. Karena akan membuat iritasi pada kulit wajah dan dapat merusak brewok itu sendiri, saran saya pakailah  beard balm yang mengandung bahan dasar natural yang aman, seperti Butter nabati, Beeswax atau Lanolin. 
Ketiga bahan dasar tadi adalah bahan natural yang tergolong aman untuk kulit, yang dapat membuat  brewok terlihat lebih tebal dan tidak mengiritasi kulit.


contoh beard balm (pict. source google)


Jika pembaca mempunyai janggut atau brewok yg jarang jarang atau tipis, pertimbangkanlah untuk memakai beard balm dengan bahan dasar butter nabati, karena butter mampu melembabkan rambut. Apalagi jika beard balm tersebut mengandung pelembab alami  jojoba oil, argan oil dan vitamin E.
Jika saja
ada beard balm yang tanpa menggunakan pelembab , sia – sia saja karena salah satunya membuat brewok nampak kering dan bisa saja membuat bulu brewok menjadi rapuh dan rontok.
alangkah lebih baik gunakan beard balm dengan pelembab alami untuk merapihkan dan melembabkan, sekaligus terlihat lebih stylish.


  • BEARD OIL
Beard oil adalah pelembab & kondisioner yang sangat mudah digunakan karena dalam bentuk cair, dan biasanya di kemas dalam botol kecil kadang juga memakai botol pippet.  beard oil yang bagus dan berkualitas akan melembabkan kulit area brewok,sekaligus juga membuat bulu / rambut brewok menjadi lebih lembut, mengurangi rasa gatal dan merangsang pertumbuhan bulu brewok. Untuk hasil terbaik pilihlah beard oil dengan bahan dasar jojoba oil, argan oil atau minyak kemiri.
karena Jojoba dan argan adalah bahan pelembap yang sangat baik untuk brewok.
dan minyak kemiri gunanya untuk menutrisi akar rambut.

contoh varian botol beard oil (pict source : google)

Selain menjadi pelembab yang bagus , minyak jenggot dapat bertindak sebagai pewangi jenggot.
pakailah beard oil
dengan campuran essential oil , bukan dengan bibit minyak wangi sintetis. Minyak wangi sintetis berpotensi dapat merusak jenggot Anda . Jika pembaca mencari cara mudah, sederhana dan cepat untuk melembabkan dan mengurangi rasa gatal pada brewok anda, essential oil adalah bahan yang tepat untuk anda.




Cara Pemakaian



  • Beard Balm
Beard balm adalah kondisioner dan styling all in one, sangat membantu bagi orang yang ingin brewok  mereka terlihat lebih tebal . Untuk hasil terbaik , cuci jenggot /brewok anda dengan sabun dan aplikasikan beard balm saat kering . colek seujung jari, dan ratakan ditelapak tangan anda . pakai jari dan telapak tangan anda untuk meraktakannya di sela – sela brewok , mulai dari leher dan sampa benatr benar merata menyeluruh , pastikan untuk menggosok beard balm  ke dalam kulit di mana jenggot Anda tumbuh .


Meratakan beard balm di sela sela brewok dengan jari (pict source : google)


Ini akan membantu menyuburkan akar rambut di wajah anda, gunakan hingga tiga kali sehari sesuai kebutuhan . Semua beard balm yang alami mengandung butter
nabati dan beeswax dapat dibiarkan sampai anda mandi ataupun cuci muka .
Namun jika beard balm yang mengandung petroleum jelly harus segera dibilas di bersihkan untuk menghindari kerusakan pada brewok dan kulit wajah
dalam jangka panjang .

  • Beard Oil
Beard oil sangatlah mudah dipakai untuk pelembab dan kondisioner yang akan melembabkan kulit di bawah brewok anda , melembutkan brewok dan membantu merangsang pertumbuhan janggut yang sehat .


Beard oil (pict. source : google)


Jika tanpa menggunakan beard oil, mungkin  selama enam minggu pertama pertumbuhan brewok akan muncul rasa gatal yang menggangu. Itulah guna beard oil untuk mengurangi rasa gatal tersebut.
Beard oil dapat digunakan bersama dengan beard balm atau sebagai produk yang berdiri sendiri .
Untuk hasil terbaik cuci brewok dengan sabun, kemudian aplikasikan saat kondisi kering .
taungkan beard oil di telapak tangan anda dan pijat ke kulit anda dan janggut secara merata ke seluruh rambut di wajah anda , gunakan tiga kali sehari sesuai kebutuhan . dan tidak tidak perlu dibilas di bersihkan, namun itu sesuai selera anda
masing - masing.


5 komentar:

  1. Wah jadi beard balm bukan untuk merangsang pertumbuhan bulu ya mas ?? Mending pake beard oil ya mas kalo ingin melebatkan & meratakan bulu2 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, kalo beard balm ibarat pomade untuk janggut

      Hapus
  2. kalo mau beli beard balm dimna ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepengetahuan saya, ada beberapa merek lokal yg memproduksi beard balm.
      seperti Hellyeah, Hiyokuna, Revenge 13, dll

      Hapus
    2. Pomade hellyeah mengandung pelembab ga bro?

      Hapus